Jakarta (HUMAS MTsN 29 Jakarta) — Guru-guru MTsN 29 Jakarta Timur berhasil menerbitkan buku berjudul “Guru, Kelas, dan Cahaya Ilmu”, sebuah antologi artikel populer yang memuat praktik baik (best practice) pembelajaran. Karya ini lahir sebagai wujud komitmen guru dalam berbagi pengalaman dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Buku ini menjadi wadah bagi guru-guru untuk membagikan pengalaman, strategi, serta refleksi pembelajaran yang telah dilakukan di kelas. Melalui analogi dan gaya penulisan populer, para guru menyampaikan kisah perjuangan, inovasi, dan semangat dalam memberikan pendidikan terbaik bagi peserta didik.
Kepala MTsN 29 Jakarta, Dr. Syamsudin, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas lahirnya buku ini. “Buku ini bukan hanya dokumentasi pengalaman, tetapi juga inspirasi. Guru-guru kita telah menuliskan cahaya ilmu yang lahir dari kelas, dan semoga dapat memberi manfaat lebih luas bagi dunia pendidikan,” ujarnya (10/09/2025).
Wakil Kepala Madrasah bidang Mutu, Satya Wicaksono, S.Si., menambahkan bahwa buku ini menjadi bukti nyata komitmen guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. “Setiap tulisan di dalamnya adalah refleksi nyata dari upaya guru untuk menghadirkan pembelajaran yang bermutu. Kami berharap karya ini memotivasi guru lain untuk terus berinovasi,” tuturnya (10/09/2025).
Dengan terbitnya “Guru, Kelas, dan Cahaya Ilmu”, MTsN 29 Jakarta menunjukkan komitmennya dalam menguatkan budaya literasi di lingkungan madrasah. Buku ini diharapkan menjadi inspirasi tidak hanya bagi guru di MTsN 29 Jakarta, tetapi juga bagi para pendidik di berbagai sekolah dan madrasah di Indonesia.


